JARINGAN

Rabu, 02 Februari 2011

PERANGKAT WIFI / RT RW NET








Jika anda mempunyai keinginan untuk membuat Pemancar Wifi. Alat yang dibutuhkan antara lain :

1. Access Point
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan dari ISP (Modem) ke antena pemancar. di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui frekwensi udara, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal  semakin luas jangkauannya.(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) biasanya juga smakin tinggi pula harganya.

2. Antena ( Omni atau sectoral )
berfungsi untuk memperluas area signal target hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meskipun ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB.
Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja.

3. Box Access Point
Untuk melindungi access point anda dari hujan karena nanti diletakkan diluar, maka diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini harus diletakkan persis di bawah antena.

4. Kabel Pigtail/ Kabel Jumper

Kabel Pigtail  untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal (loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda.

5. POE (Power Over Ethernet)

"POE" ini yang fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan alat ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower, lebih praktis dan hemat.

6. Kabel UTP/STP

Meski namanya perangkat wireless, namun peranan kabel juga diperlukan, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

7. Penangkal Petir (Lightning Arrester)















  Untuk melindungi dari serangan petir

8. Tower Triangel

Digunakan sebagai tiang dimana Antena Pemancar diletakkan. Disarankan menggunakan Triangel karena tahan dari tiupan angin. Gunakan tali spanner yang kuat agar tower tidak goyang.

baca juga :

    11 komentar:

    1. Link anda sudah terpasang, terimakasih atas kunjungan anda, semoga sukses

      BalasHapus
    2. dapet ilmu baru nih, makasih tipsnya sob

      BalasHapus
    3. Harga brapa bang?
      Lo mau dupake buat individu..

      BalasHapus
    4. asm. sy dr banjarnegara tepatnya di desa kebondalem yang 9 km jauhnya dari jaringan telkom, sudah tentu di daerah km ga ada yang namanya speedy paling menggunakan modem yang sinyalnya lemah. gimana caranya agar kami bisa internetan

      BalasHapus
    5. gan ane juga daerah terpencil di ngawi bertepat dengan perbatasan desa sampean
      aku kecamatan Pitu Gan
      bisa bantu ane ga gan??

      BalasHapus
    6. kasih fotonya di tiap2 perangkat dong mas. biar mudah gitu loh. sip

      BalasHapus
    7. Kira kira Berapa modal yg d butuhkn untuk menikmati intrnt d pedalmn bos?

      BalasHapus